Gaya Permainan Timnas Indonesia U-19 Tuai Kritikan Raja Isa

Raja Isa kritik permainan Indonesia

Raja Isa, Mantan Pelatih Persipura Jayapura itu mengkritik gaya Permainan Timnas Indonesia U-19 dalam ajang Piala AFF U-19 2022.

Ia menilai para pemain Timnas Indonesia U-19 masih menggunakan pola permainan yang kasar, agresif, dan kesulitan dalam menemukan pola permainan yang disiplin.

Dalam laga pembuka Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 bermain imbang kontra Timnas Vietnam U-19 dengan skor 0-0 di Stadion Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (2/7/2022) malam kemarin. Skuad Garuda Nusantara terlihat kesulitan dalam menjebol gawang The Golden Stars.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 begitu kesulitan dalam memanfaatkan beberapa peluang yang tercipta.

Baca Juga:  Menghitung Peluang Argentina Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Di Babak Pamungkas

Raja Isa justru menganggap Timnas Indonesia U-19  bermain ‘Agresif dan Kasar’ dan banyak pelanggaran yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

“Saya mengapresiasi Timnas Indonesia U-19 yang memiliki sumber daya fisik begitu melimpah dalam memperebutkan bola saat peluit awal ditiup”Ujar Raja Isa, dilansir Soha VN.

“Mereka memiliki pendekatan untuk memberikan tekanan kepada lawan, serta menunjukkan efisiensi dalam pola permainan seperti itu,” lanjut Raja Isa.

“Tetapi saat lawan berhasil merebut bola dan menguasai permainan untuk membalikkan keadaan, Timnas Indonesia U-19 malah memperlihatkan cara bermain yang buruk dalam perebutan bola. Dengan gaya yang agresif dan keras yang seharusnya tidak perlu dilakukan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Debut Perdana Bagi Timnas Indonesia, Sandy Walsh Patok Juara Piala AFF

Menurut pria asal Malaysia itu, Timnas Indonesia U-19 sebenarnya bisa memberikan permainan yang lebih baik.

Dengan fisik yang lebih baik, Timnas Indonesia U-19 dapat memberikan penampilan yang menarik.

“Kebiasaan lama yang masih dipakai oleh Timnas Indonesia U-19, seharusnya sudah melupakan hal ini.”

“Timnas Indonesia U-19 berinvestasi dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan begitu mereka bisa memberikan penampilan yang menarik,” jelasnya.

Baca Juga:  Shin Tae Yong Soroti Kualitas Rumput TC Timnas Indonesia Di Bali

“Kekuatan yang dimiliki Timnas Indonesia selain kekuatan fisik dan kecepatan, sebenarnya masih belum terlihat. Masih banyak bergantung pada skill individual, salah satunya Ronaldo Kwateh,” lanjut Raja.

“Mereka berhasil memberikan kesulitan pada Timnas Vietnam dan yang jelas lawan yang lainnya juga akan lebih waspada.”

“Namun, jalannya pertandingan masih panjang dan dengan pola permainan yang seperti itu, saya pikir Timnas Indonesia U-19 akan kesulitan dalam mengejar target tertinggi,” tutup Raja Isa.

close