Gaji Wasit Liga 1 Tak Ada Seujung Kuku dari Wasit Piala Dunia, Namun Tertinggi Se Asia Tenggara

Gaji Wasit Liga 1 Tak Ada Seujung Kuku dari Wasit Piala Dunia
Gaji Wasit Liga 1 Tak Ada Seujung Kuku dari Wasit Piala Dunia

Ternyata gaji wasit Liga 1 tak ada seujung kuku dari wasit Piala Dunia 2022 Qatar yang memiliki bayaran sangat fantastis.

Peranan pengadil lapangan atau wasit di Piala Dunia 2022 Qatar ini memang masih jauh dari kata sempurna.

Hal ini terlihat dari beberapa pengambilan keputusan yang dilakukan oleh seorang wasit masih dipandang berat sebelah.

Namun nyatanya hal ini tak membuat bayaran mereka pada saat menjadi pengadil lapangan di Piala Dunia 2022 Qatar menjadi berkurang.

Dan jika dikomparasi dengan wasit yang memimpin pertandingan di Liga 1 Indonesia, maka nominalnya akn sangat jomplang.

Tertinggi se Asia Tenggara

Rupanya, upah yang diterima oleh pengadil lapangan yang memimpin jalannya laga di Liga 1 Indonesia ini tak bisa dianggap kecil.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Bahkan kabarnya, bayaran yang diterima oleh wasit yang berlaga di Liga 1 Indonesia merupakan yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Kabarnya, fee yang akan diterima oleh wasit yang memimpin di Liga 1 Indonesia mencapai nominal 10 juta rupiah hanya untuk sekali pertandingan.

Menurut Iwan Bule pada sebuah sesi bincang-bincang dengan Deddy Corbuzier, nominal yang diterima oleh wasit di Indonesia ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara.

Jika pada awalnya gaji wasit hanya 3,5 juta rupiah, perlahan oleh PSSI gaji mereka dinaikkan hingga menyentuh angka puluhan juta rupiah untuk sekali bertanding.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Bukannya tanpa tujuan, Iwan Bule juga mengungkapkan jika tujuan dari PSSI untuk menggaji tinggi wasit di Indonesia ini demi sebuah tujuan.

Dengan bayaran yang cukup besar, maka diharapkan agar kinerja wasit bisa lebih tegas, berintegrasi, dan mengurangi kecurangan yang melibatkan wasit.

Bak Bumi dan Langit

Meski wasit di Liga 1 sudah mengantongi nominal terbesar di kawasan Asia Tenggara, namun masih jauh jika dibandingkan dengan wasit di Piala Dunia 2022 Qatar.

Dilansir dari AS Sports, gaji wasit yang berlaga di Piala Dunia 2022 tergantung kapan mereka memimpin laga.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Jika memimpin pada pada fase grup, maka setiap wasit yang memimpin laga akan mendapatkan bayaran sekitar 3000 US dollar atau sekitar 46 juta rupiah.

Nominal ini akan melonjak menjadi sebesar 10.000 US dollar atau tak kurang dari 154 juta rupiah per laga pada babak gugur.

Itu artinya, gaji wasit Liga 1 tak ada seujung kuku dari wasit Piala Dunia 2022 Qatar yang besarnya bisa mencapai 15 kali lipat.***

close