Gagal Eksekusi Pinalti, Fans Asnawi Serang Pemain Asal Brazil

  • Bagikan
Asnawi tampak kecewa usai gagal menjadi eksekutor pinalti saaat kawan Gimcheon 

Asnawi Mangkualam gagal mencetak gol penalti pada injury time laga Ansan Greeners vs Gimcheon Sangmu, Sabtu (24/7). Pemicunya adalah Anderson Canhoto yang menerobos kotak penalti sebelum Asnawi menendang bola.

Padahal, kala itu bola eksekusi penalti Asnawi berhasil melesak ke pojok gawang Gimcheon tanpa bisa diantsipasi kiper Gu Sung-yun. Namun, eksekusi terpaksa diulang akibat insiden Canhoto masuk lebih dahulu ke dalam kotak.

Pada kesempatan kedua, bola yang dieksekusi Asnawi melambung tinggi di atas gawang. Alhasil, Ansan gagal mencetak gol penyeimbang melalui penalti pada injury time tersebut.

BACA JUGA:  Dua Pemain Timnas Dicoret, Fakhri Husaini: Jangan Ada lagi yang Dicoret karena Indisipliner

Gimcheon mengamankan kemenangan 1-0 dan berhak tetap memuncaki klasemen K League 2. Satu-satunya gol tim tamu dicetak Park Sang-hyeok pada menit ke-64.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Kendati gagal menjadi penyelamat Ansan akibat penaltinya gagal, Asnawi tetap mendapat pembelaan dari pelatih Kim Gil-sik. Menurutnya, kegagalan sepert itu biasa terjadi di sepak bola.

“Keputusan dibuat oleh saya. Saya juga bertanya kepada Asnawi ketika wasit sedang mereview VAR. Saya tanya, apa dia percaya diri untuk mengambil penalti. Dia bilang siap. Asnawi juga perlu mencetak gol pertamanya di K League 2 demi menunjukkan kapasitasnya kepada fans,” bilang Kim Gil-sik.

BACA JUGA:  INDONESIA-KOREA Teken Kerja Sama Kembangkan Vaksin Covid-19

Namun, kesepatan Asnawi mencetak gol debut harus kandas. Salah satu hal yang disesali Kim Gil-sik adalah insiden ketika Canhoto masuk lebih dahulu ke dalam kotak sebelum Asnawi menendang bola yang menghasilkan gol.

“Tentu saja sangat disesali bagian ketika Canhoto masuk ke dalam kotak sebelum bola ditendang. Itu bukan kesengajaan. Hal itu sulit saya terima juga. Namun, saya harap kedua pemain bisa segera berdamai dan saling membantu pada laga berikutnya,” kata Kim Gil-sik lagi.

Tak sedikit suporter asal Indonesia lantas menyalahkan Canhoto. Serangan-serangan juga mereka lancarkan ke media sosial milik pemain asal Brasil tersebut. Bahkan, akun instagram Canhoto sampai dikunci setelah kejadian itu.

BACA JUGA:  Pensiun dari Sepak Bola, Ratu Tisha Jadi Youtuber, Ajak Jomblo ke Perpustakaan

Asnawi Mangkualam Pasang Badan dan Siap Disalahkan

Kondisi tak menyenangkan yang menimpa rekan setimnya membuat Asnawi ikut bersuara. Melalui instagram story di akun miliknya @asnawi_bhr, pemuda asal Makassar tersebut meminta pendukung tak ada yang menyalahkan siapa-siapa.

“This is football. Ini normal, saya minta tolong jangan pernah menyalahkan siapapun di dalam tim ataupun coment negatif kepada persomal. Silahkan salahkan saya pribadi di akun saya. Jangan karena kalian, pertemanan kami disini tidak baik,” tulis Asnawi.

  • Bagikan