FIFA Usulkan Israel-Palestina Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

  • Bagikan
Badan Sepak bola tertinggi dunia, FIFA mengusulkqn agar Israel-Palestina jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030

FIFA mengusulkan Israel dan Palestina beserta negara tetangganya di Timur Tengah untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Presiden FIFA Gianni Infantino telah melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Israel. Saat berada di sana, Infantino membahas kemungkinan Israel sebagai calon tuan rumah pesta sepak bola terakbar itu.

Infantino juga turut membahas Kesepakatan Abraham tentang normalisasi situasi yang ditandatangani Israel, Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko tahun lalu.

BACA JUGA:  Resmi, Inilah 6 Stadion Yang Akan Digunakan Untuk Menggelar Piala Dunia U-20

FIFA berencana memperluas Piala Dunia menjadi event dua tahunan di masa depan. Saat berbicara pada pembukaan The Friedman Center for Peace through Strength, Infantino melontarkan wacana Israel dan negara tetangganya ikut pencalonan tuan rumah.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

“Mengapa kita tak bisa memimpikan Piala Dunia di Israel dan tetangganya? Dengan kesepakatan Abraham, mengapa kita tidak melakukannya di Israel dan tetangganya di Timur Tengah, termasuk Palestina?” kata Infantino dikutip Athletic.

BACA JUGA:  Antisipasi Kasus WO Tim Bulutangkis, PSSI Akan Carter Pesawat Untuk Timnas Indonesia

Rencana Israel dan Palestina sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia bakal berdampak luar biasa. Selama ini kedua negara tersebut dikenal memiliki konflik berkepanjangan selama beberapa dekade.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengamini rekomendasi FIFA agar Israel menjadi tuan rumah. Namun, Bennet tak menyebut secara rinci bahwa Palestina bagian dari rencana itu.

BACA JUGA:  Breaking News: PPKM Darurat Resmi Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

“Dalam diskusi tersebut, Ketua FIFA mengemukakan gagasan Israel sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama dengan negara-negara tetangga, terutama dengan Uni Emirat Arab,” kata juru bicara Bennett di Twitter.

  • Bagikan