Facebook, Instagram dan What’s app Down, Mark Zuckerberg Rugi RP 99 T

  • Bagikan

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg alami kerugian usai aplikasi besutannya mengalami gangguan beberapa jam. (Foto: AP/Andrew Harnik)

Bos besar Facebook, Mark Zuckerberg disebut kehilangan US$7 miliar atau setara RP99,8 triliun setelah WhatsApp, Facebook dan Instagram down sejak Senin (4/10) malam.

Hal ini juga menyebabkan posisinya dalam daftar orang terkaya di dunia turun peringkat.
Masalah yang dialami Facebook, WhatsApp, dan Instagram beberapa jam telah mengurangi harta kekayaan pribadi Mark Zuckerberg.

BACA JUGA:  Takut Tertular, Warga Usir dan Lempari Ambulan Yang membawa jenazah korban virus corona

Perusahaan pengukuran iklan Standard Media Index memperkirakan Facebook kehilangan sekitar US$545 ribu atau setara Rp7,7 miliar per jam selama gangguan itu terjadi.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Saham facebook pun anjlok sekitar 5 persen. Saat ini Mark Zuckerberg turun posisi keenam dengan harta kekayaan sejumlah US$ 120,9 miliar, seperti dikutip dari Entrepreneur.

Menurut sebuah laporan DownDetector, gangguan pada platform media sosial milik Mark Zuckerberg itu telah terjadi di berbagai negara Eropa, Asia, Amerika Latin, dan Amerika Utara. Selain itu, mereka juga sedang mengumpulkan gelombang investigasi di sekitar jejaring sosial.

BACA JUGA:  Timnas Indonesia Kering Prestasi, Jokowi: Ada yang Salah di Sistem Pembinaan Olahraga Nasional

Meski demikian Facebook bersama dengan layanan Instagram dan WhatsApp mulai pulih sejak Selasa (5/10) pagi.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah mendukung kami,” kata Facebook dikutip Selasa (5/10) pagi.

BACA JUGA:  Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

Setelah pengumuman itu, beberapa pengguna Facebook mulai mendapatkan kembali sebagian akses ke tiga aplikasi tersebut.

Aplikasi Facebook mengalami gangguan selama beberapa jam pada Senin malam. Cloudflare, sebuah perusahaan keamanan situs web mengatakan itu terjadi akibat masalah perutean lalu lintas. Masalah itu membuat situs tidak dapat dijangkau oleh jutaan pengguna.

  • Bagikan