Dua Pemainnya Diusir Wasit AFC, Pelatih PSM Sebut Terbiasa Main Keras di Liga 1

Dua Pemainnya Diusir Wasit AFC, Pelatih PSM: Kami Terbiasa Main Keras di Liga 1
Dua Pemainnya Diusir Wasit AFC, Pelatih PSM: Kami Terbiasa Main Keras di Liga 1

Pelatih PSM Makasar, Bernardo Tavares menyesalkan dua kartu merah yang diterima pemainnya saat bersuang melawan Kedah Darul Aman pada laga semifinal zona Asean Piala AFC, Selasa (9/8/2022).

Tavares menyoroti keputusan wasit di AFC yang lebih tegas bila dibanding dengan Liga 1 membuat 2 pemainnya harus menerima kartu merah.

Seperti diketahui, PSM Makassar berhasil melaju ke babak Final Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara usai mengalahkan Kedah Darul Aman dengan skor 2-1 pada laga semifinal zona Asean Piala AFC 2022, Selasa (9/8/2022).

Hasil itu membuat PSM Makassar berhak melaju ke final zona Asean Piala AFC 2022 yang juga merupakan sebuah rekor bagi klub Indonesia.

Baca Juga:  Cerita Lionel Messi Yang Pernah Terkena Kasus di Curacao

Gol pertama PSM tercipta pada menit ke-31 yang melibatkan umpan-umpan diagonal dari Wiljan Pluim kepada Rizky Eka, dilanjutkan oleh sontekan Yakob.

Gol kedua mengikuti pada menit ke-54 lewat superioritas Yuran Fernandes dalam menyambut sepak pojok.

Perjuangan PSM semakin terjal pada sisa laga, mengingat dua bek tengah utama diusir wasit Akhrol Risquallev asal Uzbekistan.

Yuran Fernandes mendapatkan kartu kuning kedua usai menekel keras Ronald Ngah saat memasuki kotak penalti.

Pasangan Yuran, Agung Mannan, bahkan mendapat kartu merah langsung usai mengangkat kaki ke dada penyerang Kedah pada masa injury time.

Baca Juga:  Pura-Pura Cidera Parah, Zulham Zamrun Bangun Saat Ditandu

Dua pemain itu akan absen pada laga final, dan membuat Bernardo Tavares harus putar botak mengingat skuat PSM tergolong tipis.

Usai laga, Bernardo Tavares mengungkap para pemainnya lepas kontrol lantaran terbiasa bermain dengan standar rendah perwasitan di Liga 1.

“Kalau di Liga 1, dua pelanggaran kami itu adalah pelanggaran biasa, yang tidak akan mendapat kartu kuning,” tutur Taveres (9/10/2022).

PSM kemungkinan akan memainkan Erwin Gutawa dan Dallen Doke di lini pertahanan pada laga final mendatang.

Untuk sementara, Tavares hanya bisa mengingatkan bahwa standar wasit Asia jauh lebih tinggi dibanding Indonesia.

Baca Juga:  Victor Igbonefo Bakal Kembali Perkuat Persib Dengan Menggunakan Topeng

“Saya akan berbicara ini kepada pemain (mengenai kualitas wasit),” tutur Tavares.

“Tetapi yang penting mereka menunjukkan semangat juang luar bbiasa untuk menjaga kemenangan dalam situasi 9 (pemain) melawan 11,” tandasnya.

PSM akan menghadapi pemenang antara Viettel FC (Vietnam) dan Kuala Lumpur City FC (Malaysia) yang digelar hari ini.

Adapun laga final zona Asean Piala AFC 2022 akan dihelat pada 24 Agustus mendatang, dengan PSM bertindak sebagai tim tamu.

close