Dokter Arema FC Sebut Hasil Tes Swab PCR Memang Bisa Saja Tidak Akurat

Dokter Arema FC Sebut Hasil Tes Swab PCR Memang Bisa Saja Tidak Akurat
Dokter Arema FC Sebut Hasil Tes Swab PCR Memang Bisa Saja Tidak Akurat

Aissekiya.com– Dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi ikut bersuara terkait hasil PCR PT LIB dan Persebaya yang berbeda. Menurutnya hasil swab PCR memang kemungkinan tidak akurat.

Diketahui kemarin muncul polemik mengenai hasil PCR PT LIB dan PCR Persebaya secara mandiri berbeda. Pemain yang dinyatakan positif oleh PT LIB ternyata negatif ketika melakukan tes ulang.

BACA JUGA:  Kritik Naturalisasi, Bagus Kahfi: Itu Jalan Pintas, Masak Gak Percaya Pemain Sendiri

Lantas, untuk menengahi kemelut ini, Dokter Tim Arema FC akan bicara. Menurutnya tes PCR memang hasilnya bisa saja tidak akurat. Terdapat beberapa alasan mengapa hasil tes bisa berbeda.

Nanang pun menegaskan bahwa hasil tes berbeda memang sering terjadi dan sudah menjadi hal yang biasa. Menurutnya jika hasil tes pertama dan kedua berbeda, dianjurkan untuk melakukan tes ketiga sebagai pertimbangan.

BACA JUGA:  Media Vietnam Sebut Pemain Indonesia Seperti Main Tinju

“Wajar hasil berbeda. Tidak perlu bingung karena hasil negatif kemungkinan swab-nya kurang akurat, sehingga jumlah sampel yang terkumpul tidak signifikan atau saat pengolahan sampel ada sesuatu yang membuat hasilnya negatif,”

“Di dunia medis perbedaan tes hal yang wajar, diatasi dengan melakukan tes ketiga,”

BACA JUGA:  Park Ji song Sebut Son Heung min Lebih Layak Main di Manchester United Bila Ingin Memiliki Trophy Juara

“Ada istilah false negative, hasilnya negatif padahal aslinya positif,” kata Nanang Tri Wahyudi, Senin (7/2/2022)

“Iya benar. Hasil yang positif tadi berarti kemungkinan false positive, terbaca positif padahal negatif, kemungkinan sampelnya terkontaminasi. Hal yang umum di dunia medis,” jelasnya.

close