Diving Taisei Marukawa Sukses Kelabui Wasit, PSIS Dihadiahi Penalti Siluman

PSIS Semarang berhasil menaklukkan Barito Putera pada laga lanjutan pekan ketiga Liga 1 2022. Sabtu (6/8). Diving Taisei Marukawa betbuah pinalti.

PSIS Semarang akhirnya meraih tiga poin perdana usai mengalahkan Barito Putera di Stadion Jatidiri, Semarang. Laskar Mahesa Jenar menang 2-1.

Barito putra sempat membuka gol dan memimpin di menit ke-16, lewat tandukan Rafael Silva. Memanfaatkan crossing terukur Rizky Pora, tandukan Rafael Silva masuk ke gawang PSIS, yang dikawal Ray Redondo.

Pada menit ke-29, PSIS bisa menyamakan skor lewat penalti, yang dilesakkan Jonathan Cantillana, usai Taisei Marukawa dianggap wasit dijatuhkan di kotak terlarang oleh Frank Rikhard.

Awalnya, Taisei Marukawa berusaha menerima bola operan dari rekannya, namun gagal ia kontrol. Bola kemudian mengarah ke penjaga gawang Barito Putera.

Baca Juga:  Messi Thailand Alami Cedera Saat Lawan Malaysia Di Kings Cup

Di sisi lain, pemain Barito Putera, Frank Rikhart Sokoy, berusaha mengambil bola sembari terjatuh, Taisei Marukawa yang tengah berlari kemudian pura-pura terjatuh seolah ia ditekel Frank Rikhart Sokoy.

Dalam tayangan ulang, terlihat gerakan Frank Rikhart Sokoy tidak mengenai Marukawa. Bahkan, Marukawa tampak terlambat untuk jatuh. Namun, wasit tidak melihat hal itu sebagai diving.

Wasit menganggap Taisei Marukawa dijatuhkan oleh Frank Rikhart Sokoy. Alhasil, PSIS mendapat penalti.

Penalti itu kemudian berhasil dieksekusi dengan baik oleh Jonathan Eduardo Cantillana Zorilla.

Cantillana maju menjadi eksekutor, dan bisa menendang keras bola masuk ke gawang Barito Putera. Skor menjadi 1-1.

Dua menit berselang, PSIS langsung membalikkan keadaan lewat gol keduanya. Kali ini Wawan Febrianto yang bikin gol.

Baca Juga:  Proses Naturalisasi Sandy Walsh Jadi Sorotan Media Belanda

Memanfaatkan tendangan bebas Frendi Saputra, Wawan bisa menanduk bola ke tiang jauh sisi kanan gawang Barito Putera. Skor berbalik menjadi 2-1.

Di babak kedua, PSIS masih mendominasi permainan. Tiga penyerangnya: Wawan, Taisei Marukawa, dan Ado, begitu rajin menekan wilayah Barito.

Sebaliknya, Barito kesulitan mengembangkan permainan. Laskar Antasari kalah duel di tengah, sehingga kesulitan mengirim bola ke depan.

Baru memasuki menit ke-70, Barito banyak menekan. Beberapa percobaan didapat lewat Erik Sokoy, yang masuk menggantikan Luthfi Kamal. Namun, upaya Erik juga masih melenceng.

Pada menit ke-87, PSIS mendapat penalti, usai Ado dilanggar di kotak penalti. Kini Taisei maju menjadi eksekutor, namun penyerang asal Jepang itu gagal menaklukkan Joko Ribowo, usai sepakannya bisa ditahan.

Baca Juga:  Di Bawah Pelatih Baru, Persik Kediri Masih Belum Alami Peningkatan

Hingga laga bubar, tak ada gol tambahan tercipta. PSIS menang 2-1 atas Barito Putera di pekan ke-3 BRI Liga 1 2022.

Kemenangan membuat PSIS meraih tiga poin perdananya di Liga 1 2022, dan sementara mengoleksi 4 poin. Sementara Barito Putera menelan kekalahan keduanya, dan raihannya masih tertahan di 3 poin.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Ray, Fredyan [Riyan 52′], Sesay, Wahyu, Frendi [Reza 77′], Alfreanda, Delfin [Guntur 77′], Cantillana, Wawan [Oktafianus 64′], Taisei, Ado

Barito Putera: Joko, Bayu, Abrizal [Ferdiansyah 72′], Renan, Donni, Rafinha [Buyung 55′], Luthfi [Erik 70′], Rikhard, Silva, Rizky Pora [Rahmat 81′], Bagas

close