Diego Michiels Sebut Indonesia Tak Akan Lolos Piala Dunia Hingga 40 Tahun Kedepan

  • Bagikan
Diego Michiels Sebut Indonesia Tak Akan Lolos Piala Dunia Hingga 40 Tahun Kedepan
Diego Michiels Sebut Indonesia Tak Akan Lolos Piala Dunia Hingga 40 Tahun Kedepan

Pemain Arema FC, Diego Michiels menyebut Timnas Indonesia takkan dalam 40 tahun ke depan. Mantan Pemain Timnas U-23 itu menyebut infrastruktur dan sistem pembinaan pemain muda menjadi faktor penting dalam sepak bola.

Prestasi Timnas Indonesia memang menjadi sorotan. Skuad Garuda sering kali menjadi bulan-bulanan negara-negara kuat di Asia.

Jangankan bersaing memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia, untuk dengan negara Asia Tenggara saja skuad Garuda kerap menjadi bulan-bulanan.

Salah satu contohnya terbukti di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Saat itu dari lima kontestan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, empat di antaranya dari Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

BACA JUGA:  Dua Pemain Muda NTT Dipanggil Untuk Mengikuti TC Timnas U-18

Hasilnya, Timnas Indonesia hanya imbang sekali dan tumbang lima kali dari enam pertandingan kontra tim-tim Asia Tenggara. Satu-satunya hasil imbang didapat saat skuad Garuda menahan Thailand 2-2.

Kehadiran pelatih anyar Timnas Indonesia asal Korea, Shin Tae-yong seakan membawa angin segar dan optimisme di kalangan pencinta sepakbola Tanah Air. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu tak bisa menyulap Timnas Indonesia begitu saja.

BACA JUGA:  Gol dan Assist Marcelino Antarkan Persebaya Taklukkan Barito Putera

Shin Tae-yong juga membutuhkan bantuan dari federasi, seperti kompetisi yang kompetitif dan turunannya.

Selain itu, infrastruktur dan pembinaan pemain muda yang kompeten dinilai Diego Michiels menjadi penyebab kenapa sepakbola Indonesia tak kunjung maju.

Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini memiliki keyakinan. Jika PSSI membenahi segala kekurangan, Timnas Indonesia bisa tampil di Piala Dunia pada 20 tahun ke depan.

“Mungkin di atas itu (40 tahun),” kata Diego Michiels saat ditanya apakah Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia dalam 40 tahun ke depan, mengutip dari Channel YouTube KR TV.

BACA JUGA:  Bawa Mobil Seharga RP4.8 M, Ronaldo Dikawal Bodyguard ke Tempat Latihan

“Mungkin kalo mereka (PSSI) sudah mulai dari sekarang, mulai bangun semua infrastruktur untuk pemain junior, mungkin 20 tahun ke depan bisa (lolos ke Piala Dunia),” lanjut pemain yang biasa mentas sebagai fullback tersebut.

Menarik menanti langkah besar apa yang disiapkan PSSI untuk membangkitkan prestasi sepakbola Indonesia. Kalau menurut Anda, kapan Timnas Indonesia bisa tampil di Piala Dunia?

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang
  • Bagikan
close