Cerita Elkan Baggott Hingga Bisa Berseragam Timnas Indonesia: Pernah Dicuekin PSSI

Cerita Elkan Baggott Hingga Bisa Berseragam Timnas Indonesia: Pernah Dicuekin PSSI
Cerita Elkan Baggott Hingga Bisa Berseragam Timnas Indonesia: Pernah Dicuekin PSSI

Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott menceritakan perjalanan karirnya hingga akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Bek bertinggi 194 cm meter itu mengaku pernah Dicueki PSSI.

Elkan Baggott mengaku sudah lama ingin membela Timnas Indonesia. Namun, keinginannya tak bisa terwujud lantaran usahanya tak direspon PSSI.

Elkan Baggott menuturkan bahwa keinginan untuk membela Timnas Indonesia sudah ada sejak masih menimba ilmu di akademi Ipswich Town pada 2018 silam.

“Saya ingat ketika memulai akademi di Ipswich, cita-cita saya adalah bermain untuk Indonesia dan mewakili negara keluarga ibu,” kata Elkan Baggott seperti dikutip Livescore.

Elkan Baggott bercerita, perjuangannya untuk bisa mendapatkan perhatian PSSI tak mudah. Sempat dia berusaha untuk menghubungi PSSI, namun tak mendapatkan respon.

Baca Juga:  Jadi Ladang Pembantaian Brasil vs Korea, Stadion 947 Resmi Dibongkar

Namun, Elkan Baggott tqk patah arang. Berkat bantuan rekannya, akhirnya Elkan dipertemukan dengan seorang agen yang punya koneksi ke PSSI hingga bisa membantunya menjadi WNI.

“Kami mengirim email ke federasi yang tidak pernah dibalas,” tutur Elkan Baggott.

“Namun, salah satu teman saya yang juga bermain untuk Licoln ketika itu mengenal seorang agen di luar sana. Dialah yang membuat saya berhubungan dengan timnas,” tambahnya.

Elkan Baggott akhirnya resmi menjadi WNI pada November 2021. Ketika itu, Elkan langsung bermain di Timnas Indonesia U-19.

Penampilan apiknya membuat Elkan Baggott tak butuh waktu lama untuk promosi ke tim senior. Satu di antara momen yang tak dilupakan Elkan adalah ketika debut bersama Timnas Indonesia senior.

Baca Juga:  Jelang Laga Melawan Brasil, Paulo Bento Bicara Peluang Korea Selatan

“Saya memainkan pertandingan pertama saya dengan U-19. Kemudian untuknya pelatih senior yang sangat akrab dengan saya, mempromosikan saya ke tim utama dengan waktu yang cukup cepat,” kenang Elkan Baggott.

Bagi Elkan Baggott, debut bersama timnas senior meruoakan sebuah moment yang tak terluoakan dalam hidupnya, ia juga mengaku merinding saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan sebelum laga.

Elkan Baggott menandai debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada laga persahabatan melawan Afghanistan (16/11/2021). Ketika itu, pelatih Shin Tae-yong mempercayakannya bermain selama 70 menit.

Baca Juga:  Demi Juara, Argentina Bertekad Pulangkan Belanda Dari Piala Dunia

“Sebenarnya, bermain untuk tim senior pertama kalinya adalah spesial. Menyanyikan lagu kebangsaan membuat Anda merinding dan bulu kuduk berdiri. Itu adalah momen yang sangat membanggakan bagi saya,” kata Elkan Baggott.

Selain pengalaman debut, Elkan Baggott juga tak bisa melupakan gol perdananya untuk Timnas Indonesia. Gol tersebut dicetak Elkan Baggott di Piala AFF 2020.

Dia mencetak gol ke gawang Malaysia saat membela Timnas Indonesia. Menurut Elkan Baggott, momen itu sangat berkesan untuknya.

“Mencetak gol perdana saya melawan Malaysia juga merupakan momen brilian. Saya menikmatinya,” ucap Elkan Baggott.

close