Bungkus Minta Shin Tae-yong Lepas Saja Timnas Senior: Mau Diapain Sudah Mentok

Bungkus Minta Shin Tae-yong Lepass Saja Timnas Senior: Mau Diapain Sudah Mentok
Bungkus Minta Shin Tae-yong Lepass Saja Timnas Senior: Mau Diapain Sudah Mentok

Pengamat sepak bola nasional Kusnaeni meminta pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong fokus menangani skuad muda alih-alih tim senior.

Menurutnya, Shin Tae Yong akan kesulitan ketika bertanggungjawab pada banyak kategori usia saat melatih Timnas Indonesia.

“Timnas Indonesia itu sudah tidak bisa berbuat banyak. Fokus STY harusnya ke U-20 atau U-23,” tuturnya.

“Kalau bicara gengsi memang untuk senior, tapi harus realistis juga kalau Timnas senior ini susah mau diapa-apakan lagi,” kata Kusnaeni.

Dengan fokus pada kategori usia tertentu, formula yang disusun Shin Tae Yong bisa lebih apik mengingat beberapa kejuaraan terdekat hanya bisa diikuti oleh pemain muda. Beberapa contoh di antaranya adalah Piala Dunia U-20 2023 dan Asian Games 2022.

BACA JUGA:  Parah, Manajemen FK Senica Minta Egy, Witan dan Pemain Lain Main Tanpa Digaji

“Timnas U-23 kan kelanjutan dari U-20. Nanti ada event-event bergengsi seperti Asian Games,”

“Timnas senior kasih saja ke orang lain, mau diapakan lagi sama Shin Tae Yong? Apalagi dia juga sudah bicara tentang mental pemain senior. Dia sadar sudah tidak banyak yang bisa diubah di [Timnas] senior,” ucap Bung Kus, sapaan akrabnya.

“Shin Tae Yong juga terlihat lebih senang melatih pemain muda. Jadi menurut saya pemain senior serahkan saja ke pelatih lain,” kata Bung Kus menambahkan.

BACA JUGA:  Witan Sulaiman Masuk Nominasi Pencetak Gol Terbaik Matchday Three Piala AFF 2020

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui bahwa pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong kewalahan karena menangani berbagai kelompok umur.

“Sebetulnya kami berharap [Shin Tae Yong] hanya melatih U-20 untuk Piala Dunia U-20 tapi STY meminta melatih U-20, U-23, dan senior, jadi agak sedikit keteteran dia. Kami akan evaluasi ini,” kata Iriawan saat diwawancara CNN Indonesia TV.

Iwan Bule, sapaan akrabnya, mengklaim Shin Tae Yong sendiri yang meminta melatih tiga kelompok usia sekaligus.

BACA JUGA:  Duet Egy-Witan Akhirnya Bawa FK Senica Menang di Liga Slovakia

Padahal menurutnya, PSSI meminta pelatih berusia 51 tahun itu hanya untuk menangani Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Dunia U-20.

“Ya memang awalnya kami bilang ke dia bahwa membawahi beberapa kelompok umur itu tidak gampang. Tapi ternyata ngotot terus karena [Shin Tae Yong] berpendapat Timnas U-20 nanti [muaranya] ke U-23, kemudian U-23 ke senior yang saling berkaitan,” ujar Iwan.

“Makanya kami turuti, tapi yang bersangkutan sekarang kewalahan.” kata Iwan menambahkan.

close