Bikin Gregetan, Handball Leo Tupamahu Sudah Tepatkah Keputusan Wasit? Cek Aturan Terbarunya

Hansball Leo Tupamahu

Persib Bandung berlaga kontra dengan Bali United dalam laga Piala Presiden 2022. Laga berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut berlangsung sangat sengit. Kedua tim sama-sama kuatnya. Sampai ada kontroversi handball yang terjadi pada babak pertama.

Insiden terjadi di akhir babak pertama. Berawal dari Ciro Alves memberikan umpan datar ke kotak pinalti Bali United, bola mengenai Leo Tupamahu setelah dirinya menjatuhkan diri. Lantas alur bola setelah menyentuh tangannya tersbeut membuat berubah arah dan menghasilkan sepak pojok bagi Persib Bandung.

BACA JUGA:  Kiprah Juara Liga 1 Bali United, AFC Gagal Lagi Dan Protes Keras Suporternya

Lantas, sudah tepatkah keputusan wasit terhadap insiden tersebut? Mari cek aturannya.

Jawabannya menurut Laws of the Game terbaru, menyebutkan kalau penentuan pelanggaran handball, batas atas lengan yang sejajar dengan bawah ketiak. Tidak semua sentuhan tangan pemain menjadi pelanggaran.

BACA JUGA:  Berikan Tekanan, Bali United Akan Berjuang Mati – Matian Demi Kemenangan Atas Visakha FC

Handball bisa menjadi pelanggaran jika :

  • Pemain sengaja menyentuh bola dengan tangan.
  • Pemain menyentuh bola dengan tangan mereka sehingga membuat tubuh jadi lebih besar dengan tambahan tangan. Itu menjadi tidak wajar. Pemain dianggap membuat tubuhnya lebih besar di saat posisi tangannya bukan akibat dari atau bisa dibenarkan oleh gerakan tubuh pemain dalam situasi tertentu. Jika sengaja menempatkan tangannya menjadi tubuh lebih besar itu akan mendapatkan hukuman.
BACA JUGA:  Prediksi Dan Analisa Visakha FC vs Bali United, Duel Sengit Lanjutan AFC Cup

Dalam insiden kemain, Leo terlihat menjatuhkan dirinya dan tangannya mengenai bola sehingga alur bola jadi berubah. Mimik wajahnya juga terlihat mengarah ke bola sehingga terlihat memprediksi alur bola.

Dengan kata lain, tangan yang menyentuh bola tersebut terlihat tidak dalam posisi natural kala jatuh. Jadi bisa masuk aturan tadi, aturan sengaja membuat tubuh pemain lebih besar secara tidak wajar.

Jika mengacu pada aturan baru, memang seharusnya itu handball.

close