Berkarir di Belanda, Mengapa Shin Tae-yong Tak Panggil Bagus Kahfi ke Timnas U-23

Berkarir di Belanda, Mengapa Shin Tae-yong Tak Panggil Bagus Kahfi ke Timnas U-23
Berkarir di Belanda, Mengapa Shin Tae-yong Tak Panggil Bagus Kahfi ke Timnas U-23

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan tak menyertakan nama Bagus Kahfi dalam 29 pemain yang akan dibawa untuk Piala AFF U-23 di Kamboja 14-24 Februari 2022.

Seperti diketahui, Bagus Kahfi merupakan peyerang andalan baik di timnas U-16 maupun U-19 asuhan Fahri Husaini. Ketajamannya bersama timnas kala itu tak perlu diragukan lagi.

Bahkan ketika itu, pemain berambut kribo itu sukses mengantarkan timnas U-16 sekaligus menyabet gelar top skor dengan mengantongi 13 gol sekaligus memecahkan rekor pencdtak gol terbanyak di sepanjang sejarah Piala AFF U-16.

BACA JUGA:  Resmi Diperkenalkan, Kim Pan Gon : Saya Akan Bawa Timnas Malaysia Lampaui Tingkat Asia Tenggara

Selain sukses bersama timnas U-16, Bagus Kahfi juga menunjukkan permainan apik bersama Garuda Select di Inggris dan Italia. Sejumlah tim muda Italia dan Inggris pernah dibobol gawangnya oleh Bagus Kahfi. Beberapa di antaanya QPR, Inter Milan hingga Juventus.

Berkat penampilan apiknya, Bagus Kahfi direkrut klub kasta kedua Liga Belanda, Jong FC Utrecht setelah melalui polemik panjang yang cukup menyita perhatian publik sepak bola tanah air.

Kini, bersama Jong Utrecht, Bagus Kahfi kesulitan mendapatkan menit bermain. Ia baru turun satu kali, itu pun hanya tiga menit saat Jong Utrecht menang 3-0 atas Telstar di pekan-pekan awal kasta kedua sepakbola Belanda.

BACA JUGA:  Akumulasi Kartu, Pratama Arhan Dipastikan Absen Lawan Thailand di Leg Pertama

Bagus Kahfi sendiri sempat dipanggil untuk memperkuat timnas diajang Kualifikasi Piala Asia U-23. Kala itu, Bagus gagal memikat hati Shin Tae-yong.

Diturunkan sebagai pemain pengganti pada awal babak kedua, Bagus Kahfi justru tak menunjukkan fighting bertanding hingga akhirnyabdiganti pada menit ke-83.

Meski demikian, Shin Tae-yong menegaskan tidak akan memanggil pemain yang berkiprah diluar negeri dan akan mengamdalkan skuad yang berkmain di kompetisi lokal.

BACA JUGA:  Meski Menua, Samsul Arif Bocorkan Rahasia Tetap Gacor di BRI Liga 1

“Saya menargetkan juara (Piala AFF U-23 2022) meski pemain abroad, seperti Elkan (Baggott), Egy (Maulana Vikri), Witan (Sulaeman) dan Asnawi (Mangkualam) tidak bisa dipanggil. Saya akan mefokuskan pemain U-23 yang main di Liga Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Karena itu, peran Bagus Kahfi berpotensi baru diandalkan Shin Tae-yong pada 12-23 Mei 2022. Pada tanggal tersebut, Timnas Indonesia U-23 akan turun di SEA Games 2021 yang dilangsungkan di Vietnam.

close