Belum Rela Turun Kasta, Persipura Siap Ngadu ke FIFA dan CAS

Belum Rela Turun Kasta, Persipura Siap Ngadu ke FIFA dan CAS

Aissekiya.com– Persipura Jayapura nampaknya belum sepenuhnya rela turun kasta ke Liga 2. Ketua umum Persipura, Benhur Tomi Mano menegaskan bahwa pihaknya telah meminta PSSI untuk melakukan investigasi 2 laga.

Dua laga tersebut adalah antara Persija Jakarta vs PSS Sleman dan Persib Bandung vs Barito Putera. Diketahui kedua laga tersebut memang menentukan Persipura di Degradasi.

PSS Sleman mampu menang dengan mudah. Sementara Barito Putera berhasil tahan imbang Persib Bandung.

“Saat ini konsentrasi kami adalah bersurat secara resmi kepada federasi [PSSI] melalui badan yudisialnya untuk melaporkan dan meminta dilakukan investigasi atas dua pertandingan di pekan ke-34,” kata ketua umum Persipura Benhur Tomi Mano, dikutip Tribun Papua.

“Bukan hanya kami, tetapi publik juga menduga adanya pelanggaran fair play dan juga dugaan pelanggaran regulasi di sana, kita semua tidak buta, dan kita juga bukan orang yang baru tahu sepak bola, jelas ada hal yang aneh di sana. Reaksi publik atas kejanggalan kedua pertandingan tersebut dapat terlihat dari status dan komentar berbagai media sosial.”

BACA JUGA:  Porto vs Chelsea, Pembuktian Tim Kuda Hitam dipentas Eropa

“Kami sampaikan terima kasih atas kepeduliannya dan respek atas niat tersebut, kalau dilihat dua pertandingan itu memang patut dicurigai atau diduga terjadi kesengajaan yang melanggar azas fair play dan profesionalitas. Juga diduga dilakukan oleh oknum personel klub atau mungkin klubnya, apakah ini adalah cermin sepakbola Indonesia? Inikah wajah sepakbola Indonesia? Semoga bukan, untuk itulah perlu dilakukan investigasi.”

BACA JUGA:  Natanael Siringoringo Cetak Gol Perdana, Bawa Kelantan FC Menangi Pertandingan

Menurut Benhur Tomi Mano, jika PSSI tak merespon apapun dari permintaan Persipura, maka mereka akan mengadukan masalah ini ke FIFA dan CAS secara langsung.

BACA JUGA:  Pandemi Covid-19 Belum Mereda, Persebaya Tolak Liga 1 Kembali Digulirkan

“Kalau federasi [PSSI] benar-benar ingin menjaga integritas sepakbola mereka pasti akan membantu dan mendukung hal ini. Mungkin ini akan sedikit panjang, karena bila tidak dapatkan rasa keadilan itu, kami akan pergi pada tingkatan yang lain. Termasuk saat ini sedang kami bangun komunikasi dengan pengacara luar untuk kemungkinan melaporkan ke FIFA atau CAS.”

close