Begitu Megah, Profil Stadion Al Bayt Sebagai Venue Pembuka Piala Dunia 2022

Stadion Al Bayt
Stadion Al Bayt

AISSEKIYA-Venue laga pembuka untuk Piala Dunia 2022 telah resmi menggunakan Stadion Al Bayt. Stadion Al Bayt sendiri merupakan stadion yang dibangun secara khusus untuk menyambut ajang sepak bola bergengsi di dunia ini.

Stadion Al Bayt berada di kota Al Khor yang sudah dibangun sejak 2015 silam dan membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk proses pembangunannya.

Venue yang digunakan sebagai laga pembuka Piala Dunia 2022 ini telah dibuka pada 2020 kemarin.

Baca Juga:  Marselino Dikabarkan Jalani Tes Diklub Lama Kevin De Bruyne

Saat itu, pembukaan stadion inibersamaan dengan Hari Olahraga Nasional di Qatar. Akan tetapi, meski telah dibuka sejak 2020, Stadion Al Bayt baru melangsungkan pertandingan resmi pada bulan November 2021 lalu.

Pertandingan resmi itu berlangsung dalam laga yang bertajuk Arab Cup 2021 dan menjadi venue pembuka yang mempertemukan Qatar vs Bahrain.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Bukan hanya sebagai pembuka Arab Cup 2021, Stadion Al Bayt juga dipakai sebagai tempat putaran final di kompetisi itu. Saat itu, Tunisia harus menghadapi Aljazair di partai puncak.

Namun, Stadion Al Bayt sendiri masih belum pernah digunakan oleh tim-tim lokal. Bukan hanya sebagai kandang, Stadion yang memiliki kapasitas 60.000 penonton itu juga tidak pernah digunakan sebagai pertandingan resmi antar klub di Qatar.

Baca Juga:  Asnawi Mangkualam Resmi Bergabung Jeonnam Dragon

Untuk nama stadion ini, Al Bayt memiliki makna yang cukup dalam. Nama tersebut dipakai untuk mengingat tenda yang dulu pernah dipakai orang-orang nomaden di sekitar Qatar yang dikenal dengan Bayt Al Sha’ar.

close