Banyak Pemain Menderita Jalani Piala AFF U19, Shin Tae-yong Berhasil Rotasi Besar-Besaran

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Shin Tae-yong kerap melakukan rotasi pemain di Piala AFF U-19 2022.

Hal tersebut dilakukan karena padatnya jadwal yang dimiliki timnas Indonesia U-19. Sehingga para pemain timnas dapat beristirahat dengan cukup dan tetap fit dipertandingan selanjutnya.

Rotasi besar-besaran juga dilakukan Shin Tae-yong ketika laga Indonesia lawan Filipina di macthday keempat Grup A Piala AFF U-19. Tercatat ada 9 nama pemain timnas masuk dalam line up utama yang berbeda dari laga sebelumnya.

Nama-nama tersebut ialah, Kadek Aril Piyatna, Muhammad Ferarri, Frezy Al Hudafi, Ferdiansyah Cecep Surya, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico, Edgard Amping, dan Rabbani Tasnim Siddiq.

Baca Juga:  Tercipta Banyak Gol Pada Piala AFF U-16, Disebut-sebut Membuat Level Sepakbola ASEAN Stunting

Sedangkan nama-nama Kakang Rudianto, Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, Mikel Tata, dan Arkhan Fikri harus menempati dibangku cadangan.

Shin Tae-yong sendiri mengatakan jika rotasi tersebut dilakukan untuk menjaga fisik pemain.

“Memang hari ini saya mengubah starting line up untuk antisipasi laga selanjutnya” ungkap Shin Tae-yong.

“Kalau kami paksakan bermain, para pemain akan runtuh dan menurun” imbuhnya.

Namun ada salah satu hal yang menarik. Meskipun kerap melaukan rotasi pemain ada salah satu pemain yang tidak pernah tergantikan pada line up utama.

Baca Juga:  Bermain Penuh, Asnawi Mangkualam Bawa Ansan Greeners Imbangi Tuan Rumah Seoul E-Land

Yaitu pada posisi penjaga gawang yang ditempati oleh Cahya Supriadi. Cahya Supriadi selalu menjadi starter utama dalam empat pertandingan yang sudah dijalani timnas U-19 pada Piala AFF U-19 2022.

Bahkan Shin Tae-yong mempunyai rencana untuk tidak menggantikan Cahya Supriadi dilaga-laga selanjutnya.

“Pada posisi kiper memang berbeda dari posisi lainnya” kata Shin Tae-yong.

“Saya pastikan akan meminimalisir pergantian kiper selama turmanamen ini” tuturnya.

“Karena kiper itu berbeda. Menurut saya, sangat penting kiper dimainkan terus selama turnamen dan saya akan sangat jarang sekali mengganti posisi kiper” tambahnya.

Baca Juga:  Exco PSSI : Kita Tak Pernah Rapat Soal Keluar Dari AFF!

Sementara itu, timnas Indonesia tetap meraih kemenangan secara penuh walaupun melakukan banyak perubahan susunan pemain.

Hasilnya timnas Indoneisa mampu mengalahkan Filipina dengan skor kemenangan 5-1. Lima gol timnas Indonesia dicetak oleh Rabbani Tasnim (14’,41’,49’), Alfriyanto Nicol (26’), dan Razaa Fachrezi (70’). Sedangkan satu gol Filipina dicetak oleh Justin Lawrence (28’).

close