3 Skenario Timnas Indonesia Melaju Ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

3 Skenario Timnas Indonesia Melaju Ke Semifinal Piala AFF U-16 2022
3 Skenario Timnas Indonesia Melaju Ke Semifinal Piala AFF U-16 2022

AISSEKIYA – Timnas Indonesia diketahui memiliki 3 cara untuk mengamankan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Penentuan lolos atau tidaknya Timnas Indonesia ke babak semifinal akan ditentukan dalam laga pamungkas menjamu Vietnam.

Laga tersebut akan dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada hari Sabtu (6/8/2022) pukul 20.00 WIB. Untuk saat ini, Timnas Indonesia memiliki peluang yang lebih terbuka untuk melaju ke babak semifinal.

Hal tersebut dikarenakan, anak asuh Bima Sakti itu memuncaki klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin dan torehan 11 gol. Sedangkan runner up, ditempati oleh Vietnam dengan jumlah poin yang sama, yakni enam poin dan dengan torehan 9 gol.

Baca Juga:  PSSI Ajak Timnas 2 Bulan ke Eropa, Kabar Ini Bisa Buat Thomas Doll Naik Pitam

Disisi lain, Singapura dan Filipina sudah dipastikan untuk gugur dalam fase grup kali ini. Namun, keduanya masih harus bertanding di laga terakhirnya yang berlansung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta pada hari Sabtu (6/8/2022).

Untuk formatnya Piala AFF U-16 2022, yang berhak melaju ke babak semifinal yakni tiga juara gup dan satu runner up yang terbaik.

Lalu, seperti apa cara Timnas Indonesia untuk melaju ke babak semifinal?

  • Timnas Indonesia harus meraih kemenangan menghadapi Vietnam

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling aman untuk mengamankan tiket ke babak semifinal. Dengan begitu, Timnas Indonesia akan keluar sebagai juara Grup A dan melaju ke babak semifinal.

Baca Juga:  Mengamati Timnas Indonesia, Curacao Kagum Terhadap Sosok Nadeo dan Arhan

Terlebih dengan tambahan tiga poin, itu akan membuat Timnas Indonesia semakin kokoh di puncak klasemen Grup A. Sedangkan Vietnam, akan menjadi runner up Grup A dengan koleksi enam poin.

  • Menahan Imbang

Apabila hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia, skuad Garuda Asia juga dapat melaju ke babak semifinal.

Meski kedua tim ini mengoleksi tujuh poin, akan tetapi Timnas Indonesia masih memiliki keunggulan dalam jumlah gol.

  • Kalah atas Vietnam

Jika Timnas Indonesia harus mengalami kekalahan atas Vietnam, maka anak asuh Bima Sakti akan menjadi runner up di Grup A. Namun, peluang untuk melaju ke babak semifinal masih terbuka untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Meningkatnya Karir Ramadhan Sananta, Dari Liga 3 ke Timnas Hanya Membutuhkan Waktu 1 Tahun

Akan tetapi ada syaratnya, Timnas Indonesia harus menjadi yang terbaik dari para runner up Grup B dan C untuk dapat melaju ke babak semifinal.

Masalahnya di saat timnas Indonesia kalah, sedangkan di grup lain seperti Myanmar dan Malaysia sama-sama menang di laga akhir Grup C

Yang jadi masalah saat Timnas Indonesia U-16 kalah, sementara Malaysia dan Myanmar sama-sama menang di laga terakhir Grup C.

Ketika skenario ini yang terjadi, otomatis Timnas Indonesia U-16 gagal melaju ke babak semifinal. Karena poin Indonesia 6, sedangkan jika Malaysia dan Myanmar menang, memiliki poin 7.

close